WORKSHOP PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PEDAGOGIC BAGI GURU LAB SCHOOL

Unit Sekolah Laboratorium Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan kegiatan “Workshop Pengembangan Keterampilan Pedagogic bagi Guru Lab School” pada hari Selasa, 19 September 2023. Peserta workshop diikuti dari perwakilan sekolah yang dulu pernah menjadi Lab School yang terdiri dari Kepala Sekolah dan perwakilan Guru dari TK, SD, SMP, SMA/SMK di Yogyakarta.

Guru memiliki peran kunci dalam menentukan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Guru diharapkan bukan hanya membentuk pengetahuan siswa, namun juga afektif dan psikomotor dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pedagogic guru perlu ditingkatkan, baik dalam pembelajaran online maupun offline. Adapun tujuan dari kegiatan workshop ini untuk memberikan pembekalan pada guru tentang menyusun materi ajar, memberikan pembekalan pada guru tentang desain pembelajaran, dan memberikan motivasi guru untuk meningkatkan pembelajaran melalui praktisi.

Kegiatan workshop diawali dengan registrasi, sejak siang pukul 12.30 WIB dan diawali dengan sambutan oleh Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. selaku Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat UNY. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. mengungkapkan, “Diharapkan dengan adanya kegiatan workshop ini dapat bermanfaat bagi Bapak/Ibu guru dan mudah-mudahan Bapak Ibu peserta senang mengikuti kegiatan workshop ini. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kegiatan Workshop Pengembangan Keterampilan Pedagogic bagi Guru Lab School saya nyatakan dibuka”.

Peserta melaksanakan pre test terlebih dahulu sebelum masuk sesi materi. Kemudian, kegiatan selanjutnya pemaparan materi “Pengembangan Modul Pembelajaran secara Kreatif dan Inovatif” oleh Dr. Sisca Rahmadonna, S.Pd., M.Pd.. Peserta juga dibekali materi “Inovasi Materi Ajar Berbantuan E-learning” oleh Dr. Ratna Wardani, M.T. Kegiatan workshop diakhiri dengan peserta mengerjakan post test.

Pengembangan keterampilan guru, baik online maupun offline perlu dilatihkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran yang baik diharapkan mampu menghantarkan siswa mencapai tujuan pendidikan secara optimal dan mampu bertahan dalam situasi akademik yang munkin berubah dari waktu ke waktu. (Puspa-Tutik).

Tags: