Roadshow Pemadanan Data Penelitian, PkM, dan Luaran, Dosen Vokasi UNY Tahun 2024

Yogyakarta, 26 Juni 2024 - Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) hari ini menggelar kegiatan Roadshow Pemadanan Data Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), dan Luaran Tahun 2024. Acara yang berlangsung di Fakultas Vokasi UNY ini dimulai pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh 102 peserta.

Acara dibuka dengan arahan dari Direktur Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) UNY, Prof. Dr. Yudik Prasetyo, S. Or., M. Kes. Dalam sambutannya, Prof. Yudik menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk memperbarui data di SINTA, yang akan dibantu oleh Tim SINTA UNY. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperbarui data di SISTER yang memerlukan unggahan manual melalui SCOPUS terkait data publikasi dosen. "Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan skor SINTA UNY dapat meningkat. Kebutuhan Ini penting tidak hanya untuk lembaga, tapi juga individu seperti dalam hal kenaikan pangkat," ujar Prof. Yudik. DRPM mendukung kegiatan ini dengan melibatkan tim Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Penelitian dan PkM, serta tim SINTA Pusat.

Fakultas Vokasi memiliki banyak produk yang berpotensi besar, dan nantinya akan diberikan penghargaan bagi dosen yang memiliki banyak hasil produk. Pada tahun 2024, terdapat 136 judul penelitian yang lolos pendanaan BIMA, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 119 judul. Untuk PkM UNY meningkat dari 5 judul menjadi 16 judul yang lolos tingkat nasional. Diharapkan tahun berikutnua lebih banyak penelitian dan PkM yang dapat lolos seleksi. Selain itu, terdapat 11 riset dari Fakultas Vokasi yang lolos Matching Fund tahun 2024, dengan rata-rata anggaran yang disetujui berkisar antara 350-600 juta.

Dalam kegiatan ini, beberapa dosen Vokasi yang ingin naik jabatan fungsional tetapi belum memperbarui data seperti Serdos di SISTER juga turut dibantu. Materi kegiatan disampaikan oleh Nita Maghfiratul Jannah selaku Koordinator Tim SINTA UNY, yang memberikan simulasi pembaruan data di SINTA dan menekankan pentingnya memiliki akun Web of Science (WoS) yang memiliki skor setara dengan Scopus. Simulasi tersebut diikuti oleh seluruh peserta, dan setiap masalah yang dihadapi oleh peserta langsung diselesaikan dengan bantuan tim SINTA UNY.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan sinergi antara dosen dan tim pendukung dapat semakin kuat sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian serta PkM yang dilakukan oleh dosen Fakultas Vokasi UNY. (Fajar – Novela DRPM)

Tags: