Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pedagogik "Membangun Joyfull Learning" di Lab School UNY

Yogyakarta, 22 November 2024 – Sebanyak 20 guru dari berbagai jenjang pendidikan mengikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pedagogik “Membangun Joyfull Learning” yang diselenggarakan di DRPM UNY, Gedung Imam Barnadib, pada Jumat, 22 November 2024, pukul 13.00 hingga 16.00 WIB. Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Direktorat DRPM UNY, Suprapto, Ph.D., dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan Lab School UNY.

Pelatihan ini menghadirkan tiga pemateri ahli di bidang pendidikan, yaitu Prof. Dr. Entoh Tohani, M.Pd., Dr. Aprilia Tina Lidyasari, M.Pd., dan Dr. Eva Imania Eliasa. Mereka mengupas tuntas konsep Joyfull Learning, sebuah pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tidak tegang, dan penuh motivasi bagi siswa. Dalam paparannya, pemateri menekankan pentingnya elemen humor, yel-yel, ice breaking, serta aktivitas fisik seperti brain gym (senam otak) dalam mendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Abdul Mu’ti, pada tahun 2025 akan mulai diterapkan pendekatan Deep Learning, yang salah satunya melibatkan konsep Joyfull Learning. Tujuannya adalah untuk mengurangi ketegangan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa merasa lebih nyaman dan tertarik mengikuti materi yang disampaikan.

Dalam sesi pelatihan, peserta diberikan pemahaman mendalam tentang langkah-langkah dalam menerapkan Joyfull Learning. Langkah-langkah tersebut meliputi tahap persiapan, penyampaian materi, pelatihan, dan penutupan. Pada tahap persiapan, guru didorong untuk menstimulasi rasa ingin tahu siswa dengan cara yang relevan dengan kehidupan mereka. Pada tahap penyampaian, para pendidik diminta untuk menerapkan metode, media, dan model pembelajaran yang variatif, guna mendorong partisipasi aktif siswa, baik melalui diskusi, presentasi, maupun tanya jawab interaktif. Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya menjadikan Lab School UNY sebagai sekolah percontohan yang memimpin perubahan di bidang pendidikan. Peningkatan kompetensi pedagogik di lingkungan Lab School UNY, mulai dari PAUD hingga SMP, diharapkan dapat memotivasi para guru untuk terus berinovasi dalam menyampaikan materi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa.

Melalui pelatihan ini, diharapkan para guru di Lab School UNY dapat lebih siap dan terampil dalam mengimplementasikan konsep Joyfull Learning di kelas masing-masing, yang pada akhirnya dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan produktif. Selama kegiatan berlangsung, para peserta tampak sangat antusias dan kooperatif dalam mengikuti setiap sesi, yang mencerminkan komitmen mereka untuk terus mengembangkan kualitas pembelajaran di Lab School UNY. (Fajar – DRPM)

Tags: