SEMINAR NASIONAL DAN GELAR PRODUK PENELITIAN DAN PPM TAHUN 2013

seminar nasional lppm 2013

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di lingkungan perguruan tinggi mempunyai peran strategis dalam upaya pembangunan bangsa sehingga diharapkan memiliki manfaat yang luas kepada masyarakat. Dengan demikian keberadaan perguruan tinggi tidak hanya dipandang sebagai menara gading akan tetapi diharapkan menjadi menara air yang dapat memberikan pencerahan dan memberdayakan masyarakat.

LPPM sebagai ujung tombak program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi bekerjasama dengan Masyarakat Penelitian Pendidikan Indonesia MPPI menyelenggarakan Seminar Nasional dan Gelar Produk Penelitian dan PPM dengan tema “Optimasi Penelitian dan PPM untuk Pencerahan dan Kemandirian Bangsa” dalam rangka Dies Natalis ke-49 UNY pada tanggal 7-8 Mei 2013 di Gedung LPPM UNY, Kampus Karangmalang.

Acara dimeriahkan dengan pameran Produk Penelitian dan PPM dari para dosen dan hasil Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di lingkungan UNY serta SC (student company) dari berbagai SMK di Yogyakarta . Ikut serta memeriahkan acara ini Stand-Up Comedy, Kreasi Anak PAUD, Fasion Show dan Service Motor Gratis. Sedangkan seminar dilaksanakan di Lantai 2 Gedung LPPM, acara secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor I Wardan Suyanto, Ed.D.

Ketua Panitia kegiatan ini, Darmono, M.T.  mengatakan acara Seminar Nasional dan Gelar Produk Penelitian dan PPM ini rutin digelar setiap tahun guna memeriahkan rangkaian acara Dies Natalis UNY. Kegiatan ini diikuti sekitar 40 stand pameran produk dan diikuti sebanyak 157 peserta yang terdiri dari 106 Pemakalah dan 49 Peserta.

Keynote Speaker pada seminar nasional ini langsung dari Direktur Ditlitabmas Ditjen Dikti Kemendikbud Prof. Agus Subekti, M.Sc., Ph.D. karena berhalangan hadir maka diwakilkan kepada Wakil Direktur Ditlitabmas Ditjen Dikti dr. Drajat Tri Kartono. Dalam kesempatan ini Drajat menyampaikan topik bahasan “Kebijakan Ditlitabmas di Bidang Penelitian dan PPM untuk Pencerahan dan Kemandirian Bangsa"

Pada hari kedua, Pemakalah Utama I dibawakan oleh Prof. Dr.rer.nat Sundani Nurono S., Apt., Reviewer Senior Ditlitabmas Ditjen Dikti Kemendikbud dan sekaligus Dosen Sekolah Farmasi ITB. Pada kesempatan ini Sundani Nurono menyampaikan topik “Menggali Dana CSR untuk Pemberdayaan Masyarakat melalui Penelitian dan PPM”. Dilanjutkan dengan Pemakalah Utama II yang disampaikan oleh Ir. Ahmad Dading Gunadi, MA. , Asisten Deputi Relevansi Program Riset IPTEK, Deputi Bidang Relevansi dan Produktivitas IPTEK, Kemenristek, membawakan topik “Penelitian Berbasis IT dan Pendanaan Riset”.